More Categories

Sunday, February 14, 2016

Pengertian Deface

Kali Ini Belajar Komputer Akan Membahas Tentang Pengertian Deface



Deface yang berdasarkan kamus umum berarti merusakan, mencemarkan, menghapuskan tetapi arti kata deface disini adalah sebagai salah satu kegiatan merubah tampilan suatu web baik halaman utama atau index file lainnya dapat juga halaman lain yang masih terkait dalam satu url dengan web tersebut.
Deface adalah teknik mengganti atau menyisipkan file pada server, teknik ini dapat dilakukan karena terdapat lubang pada sistem security suatu aplikasi. Hal ini bertujuan untuk merubah tampilan pada web korban dengan tampilan yang dimiliki oleh defacer. Deface merupakan serangan yang dilakukan untuk mengganti visual dari sebuah web. Para hacker biasanya meninggalkan pesan dan nickname mereka agar hasil kerjanya diketahui oleh para hacker lainnya.
Defacing merupakan bagian dari kegiatan hacking web atau program application, yang menfokuskan target operasi pada perubahan tampilan dan/atau konfigurasi fisik dari web atau program aplikasi tanpa melalui source code program tersebut. Sedangkan deface itu sendiri adalah hasil akhir dari kegiatan cracking dan sejenisnya, tekniknya adalah dengan membaca source codenya (ini khusus untuk konteks web hacking), terus mengganti image (misalnya), editing html tag dan lain-lain.
Kesadaran tentang pentingnya etika dalam dunia computer tentu ikut memacu sebagian orang untuk melakukan kegiatan deface, menurut mereka itu menyenangkan tetapi jelas sudah melanggar kode etik komputer. Ironis memang apabila kita menemukan sebuah program aplikasi yang telah di-deface tapi pemerintah atau pihak-pihak yang memiliki wewenang akan masalah ini tidak melakukan tindakan apa-apa terhadap pelakunya. Memang jika mereka (pihak berwajib) melakukan penelusuran terhadap kegiatan deface satu persatu akan sulit karena boleh jadi program yang sudah di-deface di deface lagi. Solusi yang cukup masuk akal adalah bagaimana menanamkan pengertian pada user akan pentingnya sebuah hak cipta orang lain. Dengan begitu apabila telah tumbuh semangat untuk menghormati sebuah hak cipta, bukan tidak mungkin secara umum kita dapat menepis anggapan orang bahwa di Indonesia banyak hackernya.“Dari hari kehari akan lahir calon hacker baru yang siap menularkan ilmunya pada teman-temannya”.
Hacking itu sesungguhnya itu merupakan seni dalam ber-coding.Di satu sisi, para programmer sedang mencari ilham tentang seni memproteksi software terhadap defacing, dan sisi lain para hacker sedang mencari ilham tentang seni menembus proteksi untuk melakukan defacing.Mencari ilham untuk dua kegiatan tersebut adalah dua hal yang sama-sama menyenangkan.Karena bagi masyarakat IT, berpikir itu menyenangkan.Sampai sejauh ini, setidaknya ada 3 definisi terhadap kegiatan hacking:
1. Hacking adalah sebagai suatu bentuk kejahilan
2. Hacking adalah sebagai salah satu wujud computer-crime
3. Hacking adalah sebuah seni
Semoga Artikel Ini Bermanfaat Bagi Kita Semua

0 on: "Pengertian Deface"